Ads by google:
Ads by google:
Cara install android di laptop Asus Acer HP Toshiba Axio maupun Amd memang cukup menarik dibahas. Android mempunyai tempat yang spesial di dunia teknologi. Kamu dapat membeli berbagai perangkat yang menjalankan sistem operasi ini. Seperti smartphone, tablets, camera, atau perangkat minor lain yang ada di pasar. Bahkan sekarang kamu pun dapat menjalankan aplikasi android di laptop, walaupun android bukan untuk laptop. Tapi apa salahnya punya operating system ini di laptopmu? Kamu hanya perlu tahu cara instal android di laptop. Kali ini Blogger Muntok akan berbagi cara install android di laptop atau komputer pribadi.
cara instal android di laptop blogger muntok
Hal hal yang kamu butuhkan untuk menginstal android di Laptop:
Download semua peralatan yang dibutuhkan. Lalu ikuti proses dibawah ini untuk menginstal android OS di laptop atau PC.
Sambil nunggu proses downloadmu selesai, chit chat dulu yuk sebentar. Hehe

Begini, tau ngga alasan android bisa di instal di laptop?
Bermula ketika windows 8 merajai sistem operasi untuk tablet. Sementara, pasar selalu fleksibel, selalu dipenuhi hukum permintaan dan penawaran. Ketika permintaan banyak, maka akan menarik para pengusaha untuk masuk ke ekosistem itu. Yup android pun ingin masuk. Tapi android disini bukanlah seperti pengusaha yang menginginkan keuntungan. Android berbasis open source, yang artinya dapat digunakan secara bebas. Tak khayal masukknya sistem operasi ini sangat didukung oleh masyarakat. inilah penyebabbnya keluar cara install android di laptop windows.
Kembali ke tablet yang di kuasai oleh windows 8. Android pun masuk, ikut meramaikan. Bahkan perusahaan sekelas intel menjanjikan akan menyediakan “Droidbooks” yang sangat murah.
Tapi tunggu, bukankah android dulunya hanya untuk smartphone? Android pertama yang di jalankan di laptop apakah… mengecewakan? Bagaimana performa android di PC type environment?
Yup. Anda akan tau jika sudah mencoba asus eee pad transformer prime
Tak perlu khawatir bagi kamu yang tidak bisa mencoba asus eee pad transformer prime, karena google telah melabuhkan Android-x86 project. Project ini memungkinkan android OS yang berbasis processors ARM (harus dijalankan dengan processors ARM) kini bisa dijalankan dengan processor x86 chips yang dapat ditemukan pada komputer pada umumnya. Kamu tak perlu lagi berusaha membeli Android PC. Cukup pelajari cara install Android di laptop windows atau PC dan install sekarang. Menyenangkan bukan? :D
Bagaimana sistem operasi yang difokuskan ke mobile oleh Google digunakan untuk layar penuh (layar laptop)? Anda akan tahu secara langsung setelah mencoba Android test drive dalam mesin virtual.
Mengapa mesin virtual?
Perlu diakui, virtual machines tidak memiliki performa yang sama dengan perangkat keras nyata. Tapi, kamu masih bisa menginstal android di hard drive komputer dengan virtual machine tersebut. Lagi pula, menginstal android di virtual mesin lebih mudah dibandingkan menginstalnya langsung ke hard drive (dual booting). Coba anda lihat lagi link ini www.android-x86.org/download. Di sana ada beberapa pilihan komputer kan? Seperti Asus dan Lenovo ThinkPad laptop. Walaupun kamu sudah mendownload file iso yang sesuai dengan laptopmu, mungkin saja masih bisa miss / tidak bisa diinstal / terjadi problem setelah instalasi. Lebih baik menggunakan virtual mesin saja. Karena itu Blogger Muntok hanya akan memberikan langkah langkah menginstal android menggunakan virtual machine di laptop.
Tapi jika anda bersikeras ingin dual boot, tetap lanjutkan membaca. Karena basisnya sama ko’ :D
sipp kan, kita bisa praktek cara install android di laptop ini dengan flashdisk
Oke.. cukup chit chatnya. Bagaimana file downoad? Sudah selesai kan?
Yuk, kita mulai :D


Get VirtualBox up and running

gambar 1 cara instal android di laptop blogger muntok
Instal VirtualBox lalu jalankan. Buat virtual machine dengan menekan tombol biru besar bergerigi di sebelah kiri atas. Beri nama digital Android PC mu. Terserah, contohnya “Saya ganteng’s PC” atau hanya sekedar nama kamu. Saya menggunakan nama “Android”. Pastikan pilih linux sebagai operating system dan 2.6 sebagai version nya. Klik next.
nb: gambar diatas itu TS sudah punya 1 VM yang berisi windows 7. hiraukan saja.
gambar 2 cara instal android di laptop blogger muntok
Pada gambar dibawah ini, kamu diminta mengkonfigurasi alokasi VM hardware. Minimal RAM sebaiknya 512MB. Semakin besar semakin bagus. Tapi perlu di ingat pula RAM yg kamu miliki. Jangan sampai berlebihan. Sebagai contoh, saya mempunyai laptop dengan RAM 3GB (3072MB) dan saya mengalokasikan 768MB untuk RAM virtual. Klik next.
gambar 3 cara instal android di laptop blogger muntok
Berikutnya tentukan besar virtual hard drive, sebaiknya gunakan default saja lalu klik create, next, next, dan create (pokoknya defaut. Tidak perlu diubah ubah)
Taraa… sekarang kamu sudah punya Virtual Machine.
Cara install android di laptop
Selanjutnya kamu harus memberi tahu letak Android-x86 ISO yang telah di download tadi. Klik setting lalu Storage. Klik gambar CD disk yg ada di sebelah kanan, lalu Choose a virtual CD/DVD disk file. Lihat gambar biar lebih jelas. Kemudian cari file Android iso. Klik OK jika sudah.
Cara install android di laptop
Masih di menu setting, klik Audio, click the drop-down ‘Audio controller’ box dan pilih ICH AC97. Klik ok. Bagaimana, mudah kan? Good.. sekarang kamu siap meng instal android di laptop.

Install Android on your PC

Cara install android di laptop
Klik nama Android-x86 VM kamu yang ada di sebeah kiri. Lalu klik tanda panah besar Start. Jika ada pertanyaan, klik OK –tapi baca dulu dengan seksama- Kamu akan sadar kalau kamu tidak bisa menggunakan mouse selama instalasi. Gunakan tombol anak panah dan pilih Installation – Install Android-86 to harddisk, kemudian tekan Enter. Tekan Enter kembali untuk memilih Create/Modify partitions pada layar berikutnya.
Cara install android di laptop
Pada layar selanjutnya pilih New dan tekan Enter. Pilih Primary sebagai tipe partisi, dan tekan Enter sekali lagi untuk membuat partisi dengan default size. Kamu akan melihat layar berikut.
Cara install android di laptop
Tekan Enter pada pilihan Bootable, ini akan menampilkan tulisan ‘Boot’ dibawah tulisan ‘Flags’, lihat gambar. Setelah itu, pilih Write option lalu Enter. Sebuah peringatan akan muncul, menanyakan apakah anda yakin. Jawab saja yes (ketik yes) lalu klik Enter.
Cara install android di laptop
Sorot pilihan Quit dan tekan Enter untuk kembali ke layar Choose Partition. Sekarang akan ada pilihan sda1 kan? Pilih itu, tekan OK. Kemudian kamu akan melihat list formating option. Pilih ext3, lalu Enter dan Yes jika ditanya you really want to format the disk.
Cara install android di laptop
Do you want to install boot loader GRUB? Jawab saja Yes. Ketika ditanya instal /system directory, jawab saja yes.
Cara install android di laptop
tunggu..
gambar 12 cara instal android di laptop blogger muntok
Daaaan…. Ini dia tampilan Android barumu..
gambar 13 tampilan android baru cara instal android di laptop blogger muntok
Coba letakkan mouse di layar baru itu. Pasti akan ada keanehan.
Hhahaha TS juga merasa aneh + bingung pas ngedapetin fakta bahwa kursor mouse menghilang dan laptop yang digunain TS ngga mendukung touch screen. Hhahaha.. Tapi ngga usah khawatir, dunia belum berakhir :p Kamu cukup mendisable mouse intergration. Ada di menu Machine. Atau dengan shortcut Ctrl+i , gunakan tombol Ctrl yg ada di sebelah kanan. Dan kursor anda akan tampil di layar tersebut :D
Sekarang saatnya set up operating sistem, lakukan seperti pada tablet atau smartphone kamu.
Setelah itu kamu bebas melakukan apapun ke Android baru mu. Tapi jangan berharap berlebihan. Menurut info yang TS dapatkan, kamu tidak bisa mensyncronkan akun Google apps dengan VM itu. Kamu masih bisa menginstal banyak aplikasi, permainan dan lainnya. Perlu kamu ketahui performa dari Android di laptop mungkin agak kaku (not smooth) tak peduli besar RAM yang kamu alokasikan saat Instalasi Android di laptop.
Sudah dikatakan, Android di PC akan memberikan pengalaman baru, perasaan menyenangkan. Walaupun hasilnya tidak maksimal, kamu masih bisa merasakan kejutan. Android tidak didesain untuk layar yang lebar, tapi aplikasi untuk smartphone sangat bagus bagus, kebanyakan gratis dan tidak bisa ditemukan di PC atau Laptop biasa. Worth it.
Sampai lupa, ada satu step instalasi tambahan. Yaitu kamu harus me remove disk from virtual drive. Ini dilakukan agar saat kamu menekan tombol Start, kamu tidak kembali ke menu instalasi lagi. Caranya tekan Settings pilih Storage klik nama iso androidmu, lalu klik gambar disk dan pilih remove disk from virtual drive. Lihat gambar untuk lebih jelas.
gambar 14 cara instal android di laptop blogger muntok
Itulah langkah langkah atau cara instal android di laptop. Blogger Muntok telah menjelaskan dengan detail. Tapi bila kamu masih bingung, tanyakan saja di kotak komentar dibawah ini.
Jangan lupa baca artikel kami aplikasi terbaik android yang harus anda miliki. Mungkin akan berguna untuk Android baru kamu. Selamat bersenang senang dengan Android baru.. :D
Baca Juga:
Cara Download Aplikasi Android Dari PC 10 Cara membuat Aplikasi Android dengan Mudah, Gratis maupun berbayar TS membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk menulis tutorial Cara Android di Laptop ini. Kamu bisa menghargai kerja keras TS hanya dengan menekan tombol like facebook, plus 1 google dan share twitter jika merasa tutorial ini bermanfaat.
Terimakasih :D
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

24 komentar:

  1. siip... ane bisa gan :D
    terimakasih

    BalasHapus
  2. wah klo ini kayaknya bisa langsung menjalankan aplikasi android di pc ya gan?

    ane pake mobiginie gan, lebih gmpng tp ga bisa njalanin di pc. cuma install doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. ccaranya bagaimana mbak ca?

      Hapus
    2. tinggal install ada petunjuknya kok

      Hapus
  3. bookmark dulu ah...
    ajib nih :D

    BalasHapus
  4. puanjange..
    tp lengkap nih, makasih gan

    BalasHapus
  5. g bisa diteksi wifi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin karena Bridged Ethernet mode nya belum di setting
      coba googling deh cara menyambungkan virtual device dengan internet, intinya simple ko'

      Hapus
  6. Numpang baca min :) Good Luck yg nyoba :p

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. coba ulangi lagi, pelan pelan
      banyak yg berhasil ko' :)

      Hapus
  8. udah berhasil tapi dilayar jaringan nya tanda silang padahal lg online pakai bolt, harus gimana y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setting bridge connectionnya dulu mbak

      Hapus
  9. tiada kursur bro , tolong bantu dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekan ctrl+i bro
      ctrl yang di sebelah kanan keyboard ya

      Hapus
  10. izin bookmark y sis/broe...krna googling subuh2 nih mw istrhat. :D.

    BalasHapus
  11. wind 7 64bit virtualbox nya g mau jln, mhon pencerahan nya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. diinstal ulg aja virtualboxnya :)
      atau download yg 32bit

      Hapus
  12. gan qo gak bsa install wechat or line??
    bantuin dong gan...please

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal instal biasa mas
      tp download wechatnya jgn dari google play lgsg, karena ngga bisa.
      pakai layanan pihak ketiga, misal dari apps(dot)evozi(dot)com/apk-downloader/
      good luck

      Hapus