Ads by google:
Ads by google:
Aplikasi penambah RAM Android
Dalam post yang lalu kita sudah membahas macam-macam aplikasi penambah RAM Android tanpa melakukan Root. Kali ini kita akan mengulas bagaimana cara menambah RAM Android untuk device yang sudah Root. Dengan akses Root, optimalisasi RAM akan berjalan lebih baik. Karena kita mempunyai akses untuk menutup aplikasi sistem yang kurang penting. Tapi kita juga harus berhati-hati, jika salah mematikan device android bisa mengalami restart atau bahkan bootloop. Karena itu pahami aplikasi yg sedang berjalan dan jangan gegabah.

Ada beberapa metode yang di pakai Aplikasi penambah RAM Android. Cara yg sering dipakai adalah dengan SWAP memory. Jadi kita menggunakan memory lain misalnya SD Card. Jadi Aplikasi tersebut akan membuat semacam virtual memory untuk menambah RAM. Kita bisa memanfaatkan SD Card untuk alternatif, karena biaya menambah RAM di device itu memang cukup tinggi bisa lebih dari 7x harga SD card. Tapi, Cara ini bukan tanpa resiko. Karena SD Card dipakai secara terus menerus untuk menjalankan aplikasi, diperkirakan umur SD Card juga akan semakin singkat. Jika kamu paham segala resiko nya, berikut ini beberapa aplikasi android penambah RAM.

SD Booster
Aplikasi  penambah RAM Android ini bekerja dengan menaikkan kinerja dari SD Card. Secara umum bisa kita sebut overclocking, dimana kecepatan membaca dan menulis SD Card dapat ditingkatkan. Jika kecepatan membaca dan menulis SD card meningkat , maka kita dapat memperbesar RAM dengan menambah virtual memory di SD Card. Cara instalasi SD Booster ini cukup mudah,
1. Download dan install SD Booster di ponsel Android.
2. Buka Aplikasi SD Booster.
3. Cache Current Size menunjukkan Cache saat ini, pada cache size isikan besarnya cache yang di inginkan. Sebaiknya isi cache size secukupnya, di rekomendasikan 1024KB atau 2048KB.
4. Beri centang Set On Boot, tujuannya agar nilai cache tidak reset setelah ponsel booting. Nah, kita bisa main game atau aplikasi dengan lebih lancar sekarang.

Swapper
Swapper adalah Aplikasi penambah RAM Android yang cukup populer. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan membuat semacam virtual memory pada SD Card. Virtual memory tersebut bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi seperti RAM. Sehingga seakan - akan RAM di ponsel Android kita bertambah. Dengan Virtual Memory itu, aplikasi dan game yang dijalankan menjadi lebih lancar. Untuk lebih memaksimalkan fungsinya, kita juga bisa menambah aplikasi SD Booster tadi. Jadi proses loading akan terasa lebih cepat karena kemampuan SD Card ditingkatkan. Cara nya,
1. Download dan Install Aplikasi Swapper. Bisa klik link judul Swapper diatas.
2. Buka Aplikasi Swapper yang telah di install.
3. Aktifkan pilihan Swap on Boot, tujuannya agar saat ponsel menyala atau booting swap bisa langsung di aktifkan.
4. Pilih SD Card FAT partition pada Swap file position.
5. Pilih besarnya virtual memory pada Swap File Size, Besarnya bebas tapi juga sesuaikan dengan ponsel android. Misal 512MB atau 1048MB.
6. Simpan pengaturan tersebut.
Yang perlu kamu ketahui, Aplikasi android menambah RAM dengan Swapper ini tidak mendukung semua ponsel android. Pastikan ponsel android kamu support swap memory untuk menghindari terjadinya bootloop atau bahkan brick.

review kami yang lain, baca juga
Aplikasi menambah RAM Android
Aplikasi Mempercepat Android
Cara Menambah Ram dan atau memory di Android 

Itulah beberapa Aplikasi Android untuk menambah RAM. Pada dasarnya RAM hanya dapat dioptimalkan, agar game atau aplikasi berjalan lancar. Karena cara diatas dalam mode Root sebaiknya kamu berhati-hati. Karena jika salah langkah, bisa menyebabkan ponsel menjadi bootloop atau brick. Sebaiknya cek terlebih dahulu apakah ponsel kamu kompatibel dengan aplikasi Menambah RAM android diatas. Semoga bermanfaat.
Ads By Google :
Bermanfaat kan? Yuk Share ke :
Facebook Tweet

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan sesuai dengan isi postingan. Kami sangat menghargai diskusi.